Saturday 21 February 2015

Kopi Dan Filosofi


Hidup itu tidak mudah, tapi jangan dibikin susah (seperti lirik lagu slank). Mungkin akan lebih baik kalau kita sejenak untuk menimati kopi disela waktu luang, setidaknya untuk menghilangkan stress dan lelah karena beban pekerjaan sehari-hari. Kopi juga bisa menjadi teman dikala sendiri, atau saat santai bersama teman dan kerabat. Namun sadarkah kita jika dalam secangkir kopi kita bisa belajar tentang kehidupan ?
Ada makna berbeda dari sekedar cangkir yang berisi kopi, menjadi ruang untuk merenung dan mengevaluasi apa saja yang sudah kita lakukan dalam hidup. Ternyata dengan meminum secangkir kopi, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dahaga saja. Bersamaan dengan itu kita diberi kesempatan untuk diam menikmati aroma dan rasanya, bahkan juga berpikir filosofis kepada kopi itu sendiri

Warna hitam pada kopi, seperti sebuah misteri kehidupan. Kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi di hari esok, lusa dan seterusnya. Hanya saja kita mampu merencanakan atau mengantisipasi  kemungkinan yang akan terjadi. Tetapi kita tidak perlu khawatir mengenai kualitas hidup kita dimasa yang akan datang, karena kita bisa menentukannya mulai dari saat ini. Semua tergantung dari usaha kita untuk merubahnya.

Aroma khas kopi, adalah salah satu kenikmatan yang tersimpan dalam minuman hitam yang sederhana itu. Seperti sebuah hidup yang sederhana, menyimpan sebuah kebahagiaan yang dapat kita temukan didalamnya. Kesederhanaan juga memberikan kita ruang untuk berpikir lebih dalam atas makna dari kehidupan. Bukan harta, tahta dan kendaraan yang menjadi keindahan. Melainkan keluarga, sahabat dan teman yang menjadi satu aroma keindahan dalam hidup yang sederhana penuh cinta.

Rasa pahit kopi, tidak akan terasa jika kita bisa menikmatinya. Seberat apapun masalah dan cobaan hidup yang kita terima, itu seperti rasa pahit dalam kopi. Akan terasa mudah untuk melewatinya jika tetap berpikir positif dalam menghadapinya. Tuhan tidak akan memberi cobaan melebihi kemampuan ummatnya. Semua masalah dan cobaan yang terjadi pada kita, tidak lain untuk membaikkan kita dimasa yang akan datang.


-Nikmati Kopinya, Renungkan Filosinya-

3 comments:

  1. nice post gan filosofi nya, saya juga termasuk pecinta kopi

    ReplyDelete
  2. Mantap, dari minuman seperti kopi juga bisa dibuat filosofi.. :)

    ReplyDelete