Friday 20 February 2015

Arti Kehidupan Dari Burung



Ada begitu banyak hal tentang alam yang sangat mempesona. Mungkin burung termasuk salah satu dari daftar itu. Menghabiskan waktu berjam-jam (atau dalam kejujuran hanya beberapa menit) melihat burung terbang di atas langit adalah anugrah keindahan yang diberikan oleh alam. Aku sangat mencintai burung, karena mereka menginspirasiku untuk merenungkan kehidupan.

Burung tercipta mempunyai keindahan dan keunikan masing-masing. Sama halnya dengan setiap orang, mereka memiliki bentuk, kelebihan dan kelemahan yang berbeda satu sama lain. Hal itu juga yang seharusnya kita pahami bahwa setiap manusia tidak hanya memiliki kelemahan atau kelebihan saja. Jadi bersyukurlah karena dalam diri kita pasti ada satu kelebihan dan keunikan, dan tetaplah menghargai kelemahan orang lain karena dalam diri kita pasti terdapat kelemahan.

Burung terbang dalam kawanannya, supaya mereka dapat menghindari predator dan menghemat energi. Ketika orang bekerjasama dalam kelompok yang harmonis, mereka seperti sekawanan burung. Mereka akan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang paling efisien. Dan ketika orang berada dalam satu kelompok, mereka akan terlihat kuat daripada hanya sendiri.

Burung tidak pernah takut mengambil landasan pertamanya untuk terbang. Hal itu juga yang  seharusnya ada dalam kehidupan kita, terkadang kita terlalu khawatir dengan kegagalan-kegagalan yang akan terjadi ketika mengambil keputusan untuk merubah hidup menjadi lebih baik. Yakinlah bahwa sesungguhnya kita ini lebih mampu dari yang kita kira. Kita akan menemukan banyak kebaikan dalam diri kita, jika kita berani dan ikhlas melakukan apa yang selama ini kita hindari karena pesimis takut akan kegagalan.

Burung akan terbang lebih tinggi untuk dapat mengamati mangsanya lebih jelas. Terkadang kita perlu mundur untuk mendapatkan perspektif yang benar dan melihat seluruh gambar. Itu akan membuat kita menjadi seorang yang bijaksan dalam menentukan segala sesuatu.

Burung cukup cerdas untuk bermigrasi dan mencari tempat yang lebih baik ketika air dan makanan sulit untuk didapatkan. Kita perlu belajar dari burung bagaimana menjadi fleksibel dan membuat perubahan ketika ada yang tidak bekerja dengan cara yang seharusnya.

Burung mampu menjaga keseimbangannya dalam angin kencang, bahkan hanya berdiri dengan satu kaki. Hidup ini penuh dengan saat-saat yang berpotensi menjatuhkan kita. Untuk itulah kita dituntut dapat menjaga keseimbangan mental dan fisik dalam menghadapi besarnya masalah yang kita terima.


Burung melebarkan sayap dan terbang. Banyak dari kita telah masuk ke dalam kebiasaan untuk membatasi diri kita. Kita selalu merasa terbebani oleh kehidupan sehari-hari dan memaksa kita untuk lupa bahwa kita adalah satu tutup kecil dari adanya perubahan besar. Jangan pernah takut untuk mengubah segalanya. Dunia dan nasib ada dalam ketersediaan kita untuk merubahnya.

-Alam adalah kebijaksanaan dan burung hanya salah satu contoh betapa alam mengajarkan kita tentang kehidupan.-

3 comments:

  1. Gan saya punya pertanyaan nih, burung, burung apa yg panjang dan di bawah perut? Hehehe, BTW nice article gan

    ReplyDelete