Thursday 12 March 2015

Sekolah Tidak Menjamin Sukses



Sekolah tinggi belum tentu menjamin kesuksesan. Itu sebabnya lebih banyak orang di negara kita ini, Indonesia, menjadi pengangguran terpelajar (jujur saya sedikit tertawa dengan kata itu) karena hanya bergantung pada sebuah kertas yang bertuliskan ijazah.

Sebenarnya sekolah adalah sebuah  tempat untuk belajar dasar-dasar teori sebuah mata pelajaran dan sedikit praktek, sedangkan yang disebut pendidikan adalah teori pelajaran apa yang tersisa setelah Anda lepas dari sekolah.  Dan faktanya, masih banyak dari kita yang asal-asalan lulus sekolah tanpa memperdulikan ilmu atau pelajaran apa yang pernah ia dapatkan ditempat yang namanya sekolah. Tidak dipungkiri juga ini adalah salah satu penyebab mengapa sekolah tidaklah menjamin suksesnya seseorang, bahkan juga akan menjadi seorang pengangguran.
Mungkin di antara kita ada yang tidak sependapat dengan saya, tapi inilah realita yang terjadi. Sekolah tidak menjamin kesuksesan, namun sukses bermula dari pikiran Anda. Sukses adalah kondisi pikiran Anda. Bila Anda menginginkan sukses, maka Anda harus mulai berpikir bahwa Anda sukses, dan mengisi penuh pikiran Anda dengan kesuksesan, bukan bergantung pada gelar atau ijazah yang Anda miliki.

Semua orang berkesempatan untuk sukses, bahkan untuk yang tidak pernah mengenyam bangku sekolah. Yang dibutuhkan adalah pelajaran diluar sekolah dan juga kerja keras untuk membangun kesuksesan itu. Tidak ada yang bisa mengganti kerja keras, sekalipun itu adalah kejeniusan dan bakat. Orang yang sukses memiliki rutinitas melakukan hal yang tak senang dilakukan oleh orang malas. Orang sukses itu sendiri sebenarnya juga tidak senang melakukannya, tetapi ketidaksukaan mereka dapat ditaklukkan oleh kemampuan dan tujuan mereka yang sangat kuat. ukuran kesuksesan Anda ditentukan oleh ukuran keberanian Anda. Semakin Anda berani, semakin besar kemungkinan Anda untuk sukses. Perhatikanlah, orang berpendidikan yang tinggi sekalipun tidak akan pernah menemui kesuksesan karena ketergantungannya terhadap gelar atau ijazahnya.

Sekolah tidak menjamin kesuksesan Anda, bukan berarti Anda harus menganggap sekolah adalah suatu hal tidak penting. Hanya saja pelajaran bukan hanya ada disekolah, tetapi juga apa yang ada dalam kehidupan sehari-hari kita. Dan untuk sukses, semua haruslah seimbang, tidak hanya berlandaskan pelajaran yang ada disekolah.

Pendidikan adalah satu-satunya yang tersisa ketika seseorang sudah lupa apa yang telah ia pelajari di sekolah! -Albert Einstein-

3 comments:

  1. Doa dan Usaha ya, yang terpenting..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada yang bisa menggantikan niai usaha, gan :)

      Delete
  2. Sukses bisa diraih setiap orang, tetapi hanya sebagian orang yang benar-benar serius untuk menggapai sukes, sisanya... kebanyakan ngayal. Halodok.com

    ReplyDelete